Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Masakan Rollade Tahu Daun Singkong Sehat Lezat

Resep Masakan Tahu - Rollade merupakan sebuah makanan yang tidak asing lagi kita semua. Biasanya sih makanan ini tidak bisa kita temukan setiap hari. Mungkin kita hanya bisa menemukan rollade pada saat pesta atau perayaan-perayaan.

Selain itu, pada umumnya rollade terbuat dari bahan-bahan seperti daging ayam atau daging sapi. Dan banyak orang yang sangat menyukai masakan ini, namun tidak sedikit pula yang tidak suka karena teksturnya.

Bagi Anda yang tidak suka dengan rollade yang menggunakan bahan daging tadi, saya punya sebuah resep modifikasi rollade dimana kita akan menggunakan tahu dan daun singkong sebagai bahan utamanya.

Ini sebuah terobosan atau berita bagus untuk Anda yang ingin mencicipi enaknya masakan rollade.

Mengenai bahan pelengkapnya, tenang saja, Anda bisa menemukan bahan pelengkapnya dengan mudah di warung-warung terdekat.

Daun singkong memang merupakan bahan pangan yang murah di dapat tetapi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jika Anda adalah seorang vegetarian, maka saya sarankan Anda harus mencoba resep ini karena makanan atau masakan ini sangat cocok sebagai camilan maupun pelengkap makan.

Bahan alami seperti ini tentunya sudah sehat dan menyehatkan. Namun demikian, alangkah baiknya kita mengetahui secara rinci terlebih dahulu manfaat dari apa yang kita makan.

Jadi, yuk kita bahas sebentar.

Tahu dan Daun Singkong Yang Luar Biasa


Tahu adalah salah satu satu makanan atau sumber protein yang sangat baik bagi penderita asam urat. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dimana hasilnya menunjukan bahwa tahu adalah salah satu sumber protein yang baik bagi penderita rematik gout atau asam urat.

Akan tetapi, meskipun demikian, kita sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan pasti memiliki keburukan.

Selanjutnya adalah daun singkong itu sendiri. Daun singkong ini memiliki kandungan isoflavon yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit stroke.

Selain itu, ternyata singkong memiliki juga kandungan vitamin c yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

Luar biasa bukan?

Sekarang Anda tahu, dari sederhananya daun singkong dan tahu, mereka memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita.

Jadi, jangan remehkan daun singkong dan tahu ya.

Kini saatnya Anda untuk mengetahui bagaimana caranya membuat rollade tahu daun singkong dengan resep yang saya tulis dibawah ini.

Resep Masakan Rollade Tahu Daun Singkong
(Rollade Tahu Daun Singkong, Sumber Foto: vemaledotcom)

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Rollade Tahu Daun Singkong:

  • 300 gram tahu putih
  • 100 gram daun singkong muda
  • 2 butir telur ayam
  • 1 siung bawang putih
  • ½ sendok teh ebi, bahan ini opsional artinya bisa dihilangkan bagi anda yang tidak suka ataupun alergi
  • 1 sendok tek kaldu ayam bubuk
  • Garam secukupnya
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • ¼ sendok the gula pasir

Cara membuat Rollade Tahu Daun Singkong:

  1. Pertama anda haru merebus 100 gram daun singkong sampai layu, lalu diperas airnya kemudian beri garam secukupnya.
  2. Siapkan air panas untuk merendam ebi selama 1 menit. Setelah direndam ulek ebinya dengan bawang putih hingga halus.
  3. Kemudian haluskan 300 gram tahu putih dan campurkan dengan bawang putih dan ebi yang tadi telah dihaluskan. Lalu tambahkan 1 butir telur, gula pasir, merica, kaldu ayam bubuk, dan garam. Semua bahan diaduk-aduk sampai rata.
  4. Setelah adonan tercampur rata, siapkan daun pisang atau plastik sebagai alas lalu ratakan adonan tahu tadi diatas alas singkong atau plastik.
  5. Kemudian simpan daun singkong diatas permukaan adonan tahunya, dan gulung adonan bersama daun singkong sampai menyerupai lontong. 
  6. Gulungan adonan kemudian dikukus kurang lebih 30 menit sampai matang. Dua bungkus rollade bisa dibuat dari satu adonan.
  7. Setelah matang angkat rollade dan diamkan sebentar supaya dingin atau tidak terlalu panas. 
  8. Lalu potong-potong rollade sesuai selera. Sisihkan.
  9. Kemudian sebelum digoreng celupkan terlebih dahulu rollade yang telah dipotong ke dalam kocokan 1 butir telur, baru goreng sampai berubah warna kecoklatan. Angkat dan tiriskan rollade yang teah matang.
  10. Dan Rollade Tahu Daun Singkong siap disantap bersama orang-orang tercinta.

Nah itu dia sepuluh langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat masakan rollade tahu daun singkong ini.

Ini adalah salah satu menu camilan yang sehat dan menyehatkan yang bisa Anda sajikan kepada keluarga.

Proses pembuatannya pun sangat sederhan dan bahkan Anda bisa mendapatkan daun singkong ini dari kebun Anda sendiri.

Baiklah, jika anda suka dengan resep masakan yang saya posting di artikel ini, silahkan masukkan alamat email anda di kotak berlangganan untuk berlangganan resep menarik lainnya.

Jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada siapapun di media sosial Anda. Ingat, berbagi itu indah.

Masih banyak resep masakan lainnya yang harus Anda coba di rumah. Lanjutkan baca resep lainnya juga ya.
Shanti Subangkit
Shanti Subangkit Berawal dari suka masak dan nulis, jadi deh blog resep masakan ini. Selamat membaca dan mencoba resepnya.

Post a Comment for "Resep Masakan Rollade Tahu Daun Singkong Sehat Lezat"